Contoh Gambar Desain Rumah dengan Kontur Tanah Miring Terkini

20 Contoh Desain Rumah dengan Kontur Tanah Miring Terkini

57 views

Rumah dengan Kontur Tanah Miring – Pada beberapa daerah dengan permasalahan tanah yang tidak stabil mungkin akan mempersulit kita dalam mendirikan sebuah rumah. Namun karena semakin pesatnya bisnis perumahan pada masa sekarang ini, keterbatasan lahan dapat menjadi salah satu alasan kita harus cerdas dalam mebuat desain rumah. Minimnya ketersediaan lahan di daerah perkotaan tentu akan membuat harga rumah maupun lahan melambung tinggi. Oleh karena itu kita dapat memilih rumah di daerah pinggiran dengan harga yang lebih rendah.

Sebenarnya kita mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus karena membeli lahan pada daerah pinggiran yang masih jarang peminat. Akan tetapi, biasanya kontur tanah yang tidak stabil, kontur tanah yang miring menjadi alasan kira perlu memutar otak untuk membuat desain rumah dengan kontur tanah miring. Daerah perbukitan biasanya cenderung memiliki kontur tanah miring, namun menjadi lokasi favorit sebagian orang untuk mendirikan rumah karena lingkunganya yang asri dan nyaman.

Contoh Gambar Desain Rumah dengan Kontur Tanah Miring Terkini:

Berikut beberapa tips dalam mendesain rumah berkontur tanah miring, mari kita simak bersama.

Tips Mendesain Rumah Berkontur Tanah Miring:

1. Memperhatikan pemilihan keadaan tanah

Langkah pertama kita harus memilih tanah yang kuat dengan kualitas yang baik dan aman. Tanah pada daerah perbukitan cenderung tidak stabil, oleh karena itu kita harus memilih tanah yang padat dan liat agar tidak merugikan kita nantinya. Mewaspadai daerah dengan kontur tanah miring, kita harus teliti dan hati- hati pada tiap tahapan pembuatan desain rumah kontur tanah miring ini. Memlilih tanah yang berkualitas dan aman merupakan langkah yang penting dalam membuat desain rumah dengan kontur tanah miring.

2. Memperhatikan tingkat kemiringan tanah

Ketika ingin mendirikan rumah dengan kontur tanah miring, langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan tingkat kemiringanya. Apakah tingkat kemiringanya masih dalam kategori aman, berapa derajatkah tingkat kemiringanya? Apakah curam, seberapa tinggi, dan lain sebagainya. Kita harus benar- benar memperhatikanya dengan teliti agar dapat mewujudkan rumah yang kita inginkan dengan nyaman dan aman. Jika kita sudah mendapatkan semua jwaban dan perhitungan yang tepat, barulah kita dapat melangkah ke tahapan selanjutnya.

3. Desain rumah

Setelah memperhatikan tanah dan lahan yang akan kita gunakan, kemudian memperhitungkan tingkat kemiringan tanah barulah kemudian kita dapat membuat desain rumah yang ingin kita dirikan. Kita dapat menggambar denah desain rumah yang kita inginkan agar memudahkan dalam membuat desain interior serta penataan furniture di dalam rumah.

Mendesain rumah pada kontur tanah yang miring ini sebaiknya kita membuat desain rumah dua lantai. Mengapa? Karena lantai pertama dapat kita gunakan sebagai basement sekaligus penopang, dan untuk menghemat biaya pengurukan tanah.

4. Membuat pondasi rumah yang kuat

Langkah selanjutnya adalah membuat pondasi rumah yang kuat. Pondasi rumah sangat diperlukan sebagai dasar kekuatan rumah kita. Karena kita akan mendirikan rumah dengan kontur tanah yang miring maka kita harus benar- benar memperhatikan pondasi rumah kita.Membuat pondasi rumah yang kuat dan kokoh, agar di kemudian hari rumah kita tidak goyah atau roboh.

Untuk hasil yang maksimal sebaiknya kita menggunakan jasa kontraktor profesional. Atau dengan mencari tukang bangunan yang sudah berpengalaman membuat rumah pada kontur tanah miring. Setelah pondasi yang kuat dan kokoh dibuat, barulah kita dapat memulai pembangunan rumah seperti biasa.

Baca Juga: 20 Contoh Desain Rumah Cluster Minimalis Terkini

Demikian beberapa tips membuat desain rumah berkontur tanah miring yang perlu kita perhatikan agar memudahkan kita dalam pengerjaanya. Memperhatikan keamanan rumah yang akan kita dirikan dengan teliti, agar rumah kita dapat terealisasi dengan baik. Semoga bermanfaat.