Contoh Gambar Desain Rumah Kayu Sederhana Terbaru

20 Contoh Desain Rumah Kayu Sederhana Terbaru

104 views

Rumah Kayu Sederhana – Memiliki rumah dengan nuansa yang berbeda, dan terasa lebih alami terkadang justru membuat banyak orang tertarik. Dengan desain yang sederhana, dan material rumah dari bahan alami pula akan turut mendukung desain sederhana yang kita inginkan. Bagi kebanyakan orang, kenyamanan tidak ditentukan oleh desain yang mewah. Namun justru dengan desain yang sederhana dan tidak banyak hiasan dapat memberikan kenyamanan.

Kali ini kita akan membahas kesederhanaan desain pada rumah  kayu. Mendirikan rumah impian kita dengan maretial kayu, tentu pada era sekarang ini merupakan salah satu desain rumah yang berbeda. Tidak hanya itu, desain rumah kayu yang akan kita bahas kali ini juga merupakan  rumah yang nantinya akan memberikan nuansa hangat dan lembut bagi kita.

Contoh Gambar Desain Rumah Kayu Sederhana Terbaru:

Berikut ini beberapa tips membuat desain rumah kayu sederhana, mari kita simak bersama.

Tips Mendesain Rumah Kayu Sederhana:

1. Menentukan lokasi

Memilih lokasi untuk membuat rumah kayu sebaiknya dengan pertimbangan yang matang. Hindari lokasi rumah dengan lingkungan sekitar yang dapat merusak unsur kayu rumah kita. Misalnya di tepi laut atau pantai, udara laut dan pantai yang mengandung zat  garam maupun zat- zat lain yang dapat merusak unsur kayu. Sehingga nantinya akan merugikan kita jika kita membuat rumah pada lokasi yang sudah tentu akan merusak rumah kita.

2. Ukuran lahan

Mengukur lahan merupakan salah satu yang penting dalam mendesain sebuah rumah. Ukuran lahan yang telah di tetapkan dengan tepat dan benar akan membantu kita dalam pembuatan sketsa dan denah rumah. Selain itu, penggunaan material juga bergantung dari lahan yang tersedia. Oleh karena itu kita harus benar- benar memperhatikan pengukuran  lahan untuk rumah kita.

3. Menentukan konsep rumah

Langkah selanjutnya adalah menentukan konsep rumah, meskipun kita akan membuat desain rumah kayu sederhana kita tetap harus menentukan konsep rumah kita. Konsep sederhana tentu dapat pula memberikan nuansa yang hangat dan klasik, sehingga kenyaman kita dan keluarga dapat kita nikmati. Atau kita memilih konsep sederhana yang unik, yang akan memberikan daya tarik tersendiri bagi yang melihat rumah kita.

4. Membuat sketsa denah rumah

Membuat sketsa denah rumah juga akan berlandaskan konsep rumah yang telah kita pilih sebelumnya. Membuat denah rumah memiliki banyak manfaat, selain memudahkan kita dalam penataan ruang dan perabot yang akan kita gunakan. Kita dapat menyesuaikan ruangan rumah kita dengan keinginan serta kebutuhan. Sehingga nantinya rumah yang kita inginkan dapat terealisasi dengan baik.

5. Pemilihan kayu

Memilih kayu sebagai material utama rumah tentu harus kita perhatikan. Pemilihan kayu yang berkualitas, dan sesuai dengan pemakaian. Misalnya untuk pilar rumah dan penopang rumah sebaiknya kita memilih kayu jati. Kayu jati merupakan kayu yang berkualitas, kayu yang kuat dan kokoh sehingga sangat tepat kita gunakan sebagai penopang rumah atau pilar rumah. Sedangkan untuk dinding rumah, kita dapat memilih papan kayu dengan kualitas b=yang bagus pula. Dinding dengan papan kayu lebih fleksibel dan memberikan nuansa yang lembut.

6. Ventilasi dan pencahayaan

Langkah selanjutnya yang harus kita perhatikan adalah ventilasi dan pencahayaan rumah. Letakkan pintu dan jendela pada tiap ruangan yang ada di rumah kita, ruang tidur terutama yang harus kita perhatikan dengan teliti. Ventilasi yang baik akan membantu sirkulasi udara pada rumah kita. Jendela juga dapat berfungsi untuk masuknya sinar matahari kedalam rumah kita, sehingga kita mendapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari.

Baca Juga: 20 Contoh Desain Rumah dengan Kontur Tanah Miring Terkini

Demikianlah beberapa tips mendesain rumah kayu sederhana yang perlu kita perhatikan tahap demi tahap. Agar rumah impian kita terealisasi dengan baik, kita harus teliti pada setiap tahap pembuatan rumah. Semoga bermanfaat.