Contoh Gambar Desain Rumah dengan Mezzanine Terkini

20 Contoh Desain Rumah dengan Mezzanine Terkini

50 views

Rumah dengan Mezzanine – Apa itu mezzanine? Mezzanine adalah ruang tambahan yang berada di antara lantai dan plafon. Kata mezzanine sendiri berasal dari bahasa Italia yaitu mezzo yang memiliki arti bagian tengah atau di tengah. Pembuatan mezzanine biasanya bertujuan untuk menambah tempat namun tidak perlu menambah jumlah lantai bangunan.

Contoh Gambar Desain Rumah dengan Mezzanine Terkini:

Berikut tips yang perlu diperhatikan untuk membangun lantai mezzanine di dalam rumah yang kita miliki.

Tips Mendesain Rumah dengan Mezzanine:

1. Ukuran ruangan

Ukuran dan bentuk mezzanine tergantung pada luas ruangan. Jika ruangan kita terasa sempit, maka jangan paksakan untuk membuat mezzanine yang besar. Ini akan membuat ruangan yang ada di dalam rumah tampak pendek dan semakin sesak tentunya.

Sebaiknya bangunlah mezzanine dengan tinggi tidak melebihi 2.7 hingga 3 meter. Hal itu dikarenakan mezzanine yang tinggi memaksa kita harus memiliki langit-langit yang tinggi pula. Jika tidak, mezzanine jadi tidak nyaman karena terasa panas. Mezzanine yang terlalu tinggi juga lebih rawan jika kita terjatuh tentunya itu tidak kita inginkan. Jadi akan bijak jika kita memperhatikan tinggi mezzanine agar semuanya terasa nyaman dan aman.

2. Fungsi mezzanine

Sebelum membangun mezzanine, tentukan dulu fungsi dari mezzanine yang akan kita bangun tersebut. Pastikan ukuran ruangannya sesuai dengan fungsi yang kita inginkan. Misalkan saja mezzanine dengan ukuran kecil dapat digunakan sebagai perpustakaan, tempat ibadah, atau ruang kerja mungil.

3. Material mezzanine

Karena mezzanine ini merupakan ruang tambahan, kesannya seperti semi permanen. Namun, kita tetap wajib memperhatikan segi keamanan dan kekuatan konstruksi untuk memastikan keamanan ketika kita menggunakannya untuk beraktifitas di dalam mezzanine tersebut. Mezzanine umumnya dibuat dari bahan kayu, baja ringan, beton ringan, atau jika ingin membuat kesan terbuka dan terang, kita dapat menggunakan unsur kaca.

4. Pencahayaan dan pendingin ruangan

Gunakanlah pencahayaan yang tepat yang disesuaikan dengan fungsi yang kita inginkan. Berikan pencahayaan yang membuat kesan pada mezzanine menjadi semakin hidup sesuai dengan konsep atau tema yang kita terapkan untuk mezzanine yang akan dibangun di dalam rumah kita.

Disaat musim kemarau, suhu di ruangan mezzanine ini akan menjadi semakin panas pula. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya kita memasang pendingin ruang agar suhu di dalam mezzanine menjadi lebih segar dan nyaman untuk digunakan sekalipun di siang hari dan pada suhu yang panas.

5. Tangga yang sederhana

Desain tangga yang akan digunakan pada mezzanine ini juga berpengaruh pada suasana ruang di bawahnya. Akan lebih baik jika kita menggunakan tangga dengan desain yang sederhana. Selain menghemat ruang yang ada di bawahnya, penggunaan tangga yang sederhana ini juga akan membuat ruang di bawahnya menjadi tidak terlihat sempit atau sesak.

6. Interior yang digunakan

Interior yang akan kita gunakan haruslah disesuaikan pada fungsi mezzanine yang nantinya akan dijadikan sebagai ruang seperti apa. Gunakanlah interior yang tidak berlebihan agar suasana di dalam mezzanine tidak terasa sempit dan sesak. Penggunaan perabot yang berlebihan juga akan membuat suasana di dalam mezzanine menjadi terasa pengap dan tidak nyaman. Jadi sangat penting pula menjaga suasana yang ada di mezzanine agar kita tetap merasa nyaman menggunakannya sekalipun setiap harinya.

Baca Juga: 20 Contoh Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3×3 Terbaru

Perhatikan pula pemilihan interior pada ruang di bawahnya. Sesuaikan dengan fungsi yang ingin dibangun pada ruang tersebut. Maksimalkan setiap area yang ada pada mezzanine di dalam rumah dan juga pada ruang yang ada di bawahnya.